Teknik Pukulan Forehand dan Backhand Dalam Tenis Meja

Siapa yang tidak tahu mengenai olahraga tenis meja? Keterampilan para pemain olahraga tenis meja patut kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Para pemain profesional tidak kenal lelah berlatih untuk meningkatkan kemampuan dan kelincahan dalam pertandingan teknik meja.

Olahraga tenis meja merupakan salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil. Olahraga ini dilakukan di dalam ruangan. Jenis olahraga ini dilakukan tunggal maupun berpasangan. Dalam permainan olahraga tenis meja anda juga harus menguasai teknik dasarnya. Pada dasarnya ada dua jenis teknik memukul yang digunakan dalam olahraga tenis meja, yaitu pukulan forehand dan backhand.

1). Pukulan Forehand


Teknik Pukulan Forehand dan Backhand Dalam Tenis Meja

Pukulan forehand memiliki keunggulan lebih keras pada laju bola. Pukulan ini dilakukan jika bola berada pada kanan tubuh. Pukulan memukul bola secara forehand adalah dengan merendahkan posisi tubuh, tangan digerakkan untuk memegang bet ke arah pinggang, siku membentuk sudut 90 derajat dan tangan digerakkan ke depan tanpa mengubah siku.

2). Pukulan Backhand

Teknik Pukulan Forehand dan Backhand Dalam Tenis Meja

Pukulan ini memiliki keunggulan pada kemudahan menghadapi backspin dan topspin. Pukulan backhand dilakukan jika bola berada di kiri badan. Pukulan ini dilakukan dengan cara merendahkan posisi tubuh, tangan digerakkan ke arah pinggang membentuk sudut 90 derajat, tangan dan bet digerakkan ke depan, tangan dijaga agar siku tetap bersudut 90 derajat, dan bet tetap lurus.

Baca Juga : Teknik Dasar Pukulan dalam Tenis Meja

Teknik pukulan forehand dan backhand menerapkan beberapa variasi gerakan yang lebih rinci. Beberapa jenis pengembangan teknik pukulan yang dapat diterapkan dalam permainan tenis meja antara lain teknik pukulan push, teknik pukulan drive, teknik pukulan block, teknik pukulan chop, dan teknik pukulan service.

1). Latihan Pukulan Push (Dorongan)

Teknik pukulan push adalah teknik backspin pasif yang dilakukan untuk dapatmenghadapi backspin. Pukulan ini dapat menjaga agar bola tidak melambung terlalu tinggi dari net. Ada dua jenis pukulan push yang dapat diterapkan, yaitu forehand push dan backhand push.

2). Latihan Pukulan Drive

Drive merupakan pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Tipe pukulan ini keras dan cepat. Kesalahan yang sering terjadi daalam pukulan drive terletak pada gerakan kaki. Cara mengatasi hal ini adalah dengan memperbanyak latihan backhand.

3). Latihan Pukulan Block

Block adalah cara paling sederhana untuk dapat mengembalikan pukulan yang keras. Block dilakukan setelah bola memantul dari meja. Hal ini dilakukan untuk dapat membuat lawan tidak dapat melancarkan serangan dengan cepat, karena bola yang di-block akan kembali dengan cepat.

4). Latihan Pukulan Chop

Chop merupakan pukulan backspin yang bersifat aktif. Persiapan dalam melakukan pukulan forehand chop sama untuk melakukan pukulan forehand, tetapi posisi bet agak terbuka. Gerakkan bet ke depan condong ke bawah. Usahakan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan.

Perkenaan bola pada sisi bet depan agak bawah dan perkenaan pada sisi bawah bola. Sementara untuk backhand chop posisi awal sama dengan backhand, tetapi posisi bet terbuka atau sisi depan condong ke atas. Usahakan kontak bola pada bagian sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh.

5). Latihan Pukulan Servis

Servis yaitu memukul bola untuk menyajikan bola pertama. Ada beberapa teknik servis yaitu servis forehand topspin, servis backhand topspin, servis forehand backspin, dan servis backhand backspin. Topspin merupakan arah putaran bola (bola berputar searah jarum jam). Backspin merupakan arah putaran bola juga (bola berputar berlawanan jarum jam).

Baca Juga : Teknik Dasar Dalam Tenis Meja

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai teknik pukulan forehand dan backhand dalam tenis meja yang wajib untuk anda kuasai dalam tenis meja dan semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk anda dan menambah pengetahuan anda mengenai tenis meja.